Selasa, 08 Desember 2015

Merawat Rambut


      Bagi kaum hawa rambut adalah mahkota yang selalu dijaga keindahannya. Maka dari itu jangan heran apabila para wanita memperlakukan rambutnya lebih istimewa dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Tampilan cantik dan trendy juga dapat dinilai dari tatanan rambut. 
Memiliki rambut sehat dan indah sebenarnya mudah kok, dengan cara sederhana dan merubah sedikit kebiasaan buruk kita dalam memperlakukan rambut akan dapat berdampak besar pada kondisi rambut kita. Berikut ini adalah cara mudah dan sederhana dalam merawat rambut
Pilih sampo yang tepat
Pakailah sampo yang cocok dan sesuai dengan jenis rambut kita, mengandung vitamin E dan nutrisi yang alami. Bila perlu jangan ragu-ragu untuk melakukan perawatan ala salon dirumah sendiri, tapi tentu saja dengan bahan-bahan yang alami. Misalnya, secara rutin mengoleskan lidah buaya atau kuning telur yang telah dicampur dengan madu sebelum keramas. Dan jangan lupa, setelah didiamkan beberapa saat cucilah sampai benar-benar bersih. Disini kita dapat menggunakan bahan-bahan alami lainnya, yang penting pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan rambut kita.
Hindari keramas setiap hari dan menggunakan kondisioner yang berlebihan
Aktivitas mencuci rambut dan menggunakan kondisioner akan mempengaruhi kelembaban rambut karena dengan aktivitas tersebut rambut dirangsang untuk memproduksi minyak. Jika dilakukan secara berlebihan maka minyak yang dihasilkan juga akan lebih banyak sehingga justru dapat membuat rambut menjadi rapuh, kusam dan lepek.
Hindari keramas dengan menggunakan air yang terlalu panas
Rambut memiliki kadar minyak alami yang berfungsi untuk menjaga kelembaban dan membuat rambut selalu terlihat berkilau. Jika minyak ini terkena air panas maka minyak tersebut dapat luruh sehingga rambut akan menjadi kering dan kusam.
Hindari penggunaan hairdryer
Alih-alih ingin membuat rambut menjadi cepat kering maka hairdryer menjadi senjata andalan. Ubahlah kebiasaan ini karena hairdryer dapat merusak rambut. Rambut yang terlalu sering terkena hairdryer kelembabannya akan berkurang atau bahkan cenderung hilang, belum lagi kulit kepala juga akan ikut menjadi kering. Solusinya keringkan rambut secara alami. Menggunakan handuk adalah cara terbaik, tapi jangan menggosoknya terlalu keras. Menggosok handuk pada rambut terlalu keras akan menyebabkan rambut patah, rontok, kusut dan kusam.
Hindari menyisir rambut dalam kondisi basah
Rambut dalam kondisi basah kekuatannya menjadi berkurang (rapuh), sehingga apabila disisir akan gampang sekali patah. Solusinya jika ingin menyisir rambut dalam kondisi basah gunakan sisir yang bergigi besar dan jarang. Jangan sekali-kali menggunakan sisir sikat atau sisir yang bergigi rapat, serta lakukan secara perlahan dan hati-hati.
Jangan terlalu sering mengikat atau mengepang rambut
Terlalu sering mengikat atau mengepang rambut dapat merusak ketahanan rambut, apalagi jika rambut dalam kondisi basah. Ingatlah bahwa rambut basah itu kekuatannya berkurang (rapuh). Selain itu, rambut yang diikat dalam kondisi basah kondisinya menjadi lembab sehingga memicu tumbuhnya jamur yang dapat mengakibatkan kepala menjadi gatal. Apabila dibiarkan terus-menerus maka akan berakibat infeksi pada kulit kepala.
Kurangi aneka kegiatan styling
Sederet aktivitas disalon yang menggunakan bahan kimia seperti bleaching, smoothing, coloring, dan sebagainya lama kelamaan dapat merubah struktur rambut dan berakibat kerusakan pada rambut. Solusinya jika memang terpaksa harus melakukan styling jangan lupa mengimbanginya dengan memberi perlindungan berupa vitamin atau pelembab pada rambut. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut kita.
Potong ujung rambut yang bercabang
Jangan lupa untuk selalu memotong ujung rambut yang bercabang. Hal ini untuk mencegah kerusakan rambut yang lebih parah. Ada baiknya jika rambut selalu dirapikan secara berkala sehingga rambut dapat tumbuh kembali dengan sehat.
Konsumsi makanan sehat dan seimbang
Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang akan membawa dampak positif bagi tubuh kita. Dengan asupan berbagai macam vitamin dan nutrisi yang seimbang rambut akan menjadi indah, kuat dan berkilau serta badan menjadi sehat dan bugar.
                                                               Selamat mencoba.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar